Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama antara Poltekkes Kemenkes Palangka Raya dengan Polda Kalimantan Tengah

Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama antara Poltekkes Kemenkes Palangka Raya dengan Polda Kalteng terkait pendidikan Program Studi Diploma III Keperawatan bagi...

Read More

Webinar Nasional Series 7 “Peluang Kerja Perawat Lintas Benua”

Webinar Nasional Series 7 Tentang "Peluang Kerja Perawat Lintas Benua" . Diselenggarakan oleh Poltekkes Kemenkes Palangka Raya, bekerja sama dengan...

Read More

SEMINAR DARING Nasional Jurusan Keperawatan Poltekkes Kemenkes Palangka Raya

Poltekkes Kemenkes Palangka Raya dengan Bangga Mempersembahkan Seminar Daring Nasional Jurusan Keperawatan “Proses Pembelajaran Mahasiswa Jurusan Keperawatan Meliputi Tugas Akhir,...

Read More

KEGIATAN PENGABDIAN MASYARAKAT HMJ KEPERAWATAN POLTEKKES KEMENKES PALANGKA RAYA 2020

(kegiatan Pengabdian Masyarkat Himpunan Mahasiswa Jurusan Keperawatan Poltekkes Kemenkes Palangka Raya pada hari Minggu 19 Januari 2020 di Panti Sosial...

Read More

Workshop Penyusunan Dokumen Mutu Tahun 2020

Workshop penyusunan dokumen mutu Tahun 2020 dengan narasumber Dr. H.Supriandi, S.Kep.,Ns.Sp.Kep.Kom

Read More

YUDISIUM MAHASISWA JURUSAN KEPERAWATAN TAHUN 2019

Palangka Raya, 29 Agustus 2019. Acara Yudisium Mahasiswa/(i) Jurusan Keperawatan Tahun 2019 di Hotel Luwansa Jl. G. Obos No. 102. yang...

Read More

“Ucap Janji dan Pemasangan Cap Mahasiswa Jurusan Keperawatan Poltekkes Kemenkes Palangka Raya Tahun Akademik 2019/2020”

Tepat pada hari Kamis, tanggal 15 Agustus 2019 telah diselenggarakan Kegiatan Ucap Janji dan Pemasangan Cap Kepada Mahasiswa Jurusan Keperawatan...

Read More

Visi Program Studi Diploma III Keperawatan

Menjadi Program Studi Diploma III Keperawatan yang unggul, berkarakter, berbasis kearifan lokal dan menuju daya saing global dengan unggulan sebagai Perawat Pelaksana Asuhan Keperawatan  Keluarga  di Daerah Aliran Sungai Tahun 2024”

 

Makna Visi :

Unggul :

Civitas Akademika dan tenaga kependidikan menjadi yang terutama dan terbaik, dalam aspek tridharma perguruan tinggi dan tata kelola institusi Pendidikan

Berkarakter :

Civitas akademika dan tenaga kependidikan berintegritas, bertoleransi, kreatif, menjunjung tinggi nilai budaya, etika profesi, komunikasi efektif, cinta tanah air, disiplin dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi dan tata kelola institusi pendidikan.

Berbasis Kearifan lokal :

Civitas akademika dan tenaga kependidikan Mengintegrasikan falsafah Huma Betang (humanis, maju, berani dan bertanggung jawab) dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi dan tata kelola institusi Pendidikan

Menuju Daya Saing Global :

Mempersiapkan Civitas akademika dan tenaga kependidikan yang kompetitif dan professional bidang kesehatan melalui Tri Dharma Perguruan Tinggi (prestasi akademik dan non-akademik, publikasi, inovasi yang tepat guna) dan tata kelola institusi Pendidikan.

Daerah Aliran Sungai (DAS):

Suatu wilayah yang dibatasi oleh batas alam, seperti punggung bukit-bukit atau gunung, maupun batas batuan, seperti jalan atau tanggul, dimana air hujan turun di wilayah tersebut, terdiri dari beberapa komponen yaitu manusia, hewan, vegetasi, tanah, iklim dan air, masing-masing memiliki sifat khas, saling berhubungan dari hulu, tengah, dan hilir membentuk kesatuan system ekologis (ekosistem)

 

Misi Program Studi Diploma III Keperawatan

  1. Menyelenggarakan pendidikan diploma DIII Keperawatan berdasarkan kompetensi dan mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan unggulan pelaksana asuhan keperawatan keluarga di daerah aliran sungai.
  2. Melaksanakan penelitian bidang ilmu keperawatan/ilmu kesehatan berbasis kearifan lokal dengan penekanan pada masalah keperawatan keluarga di daerah aliran sungai.
  3. Melaksanakan Pengabdian masyarakat berbasis kearifan lokal yang berkesinambungan, untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat dengan penekanan pada masalah keperawatan keluarga di daerah aliran sungai.
  4. Menyelenggarakan kerja sama dengan mitra terkait dalam penyelenggaraan Tri Dharma Perguruan Tinggi dan penyerapan lulusan.

Tujuan Program Studi

  1. Menghasilkan tenaga keperawatan yang mampu menguasai dasar-dasar ilmu pengetahuan dan teknologi terkini menuju daya saing global.
  2. Menguasai ilmu keperawatan/kesehatan berbasis kearifan lokal melalui pendekatan asuhan keperawatan keluarga dengan unggulan menjadi perawat pelaksana didaerah aliran sungai.
  3. Menghasilkan penelitian dan publikasi dengan penekanan pada masalah keperawatan keluarga di daerah aliran sungai.
  4. Terselenggaranya kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan penekanan pada masalah keperawatan keluarga di daerah aliran sungai.
  5. Terselenggaranya kerjasama dengan mitra dalam kegiatan Tri Darma Perguruan Tinggi.
  6. Memfasilitasi/memberikan informasi kepada lulusan Prodi D-III Keperawatan untuk dapat diterima bekerja di berbagai fasilitas kesehatan sesuai keahlian.

 

Sasaran Program Studi

  1. Terselenggaranya pendidikan sesuai kurikulum dengan unggulan pelaksana asuhan keperawatan keluarga di daerah aliran sungai.
  2. Terwujudnya kuantitas dan kualitas pengajar yang memenuhi syarat tenaga pendidik di perguruan tinggi
  3. Terwujudnya lulusan yang berkarakter, terampil dan mampu bersaing
  4. Terwujudnya mutu internal dan eksternal Prodi D-III Keperawatan
  5. Terwujudnya mutu tata kelola dan manajemen pendidikan.
  6. Terselenggaranya kegiatan penelitian dan publikasi bagi tenaga dosen masalah keperawatan keluarga di daerah aliran sungai.
  7. Terselenggaranya kegiatan pengabdian kepada masyarakat bagi tenaga dosen masalah keperawatan keluarga di daerah aliran sungai.
  8. Terselenggaranya kerja sama dengan stakeholder (pelayanan kesehatan pemerintah/swasta, organisasi profesi, institusi pendidikan dan masyarakat)
  9. Memfasilitasi lulusan untuk dapat diterima di pasar kerja.

 

Poltekkes Kemenkes Palangka Raya pada hari Rabu tanggal 30 Desember 2020 telah menerima Surat Keputusan Pengurus Perkumpulan Lembaga Aktrditasi Mandiri Pendidikan Tinggi Kesehatan Indonesia ( LAM-PTKes) No. 0794/LAM-PTKes/Akr/Dip/XII/2020 tanggal 30 Desember 2020 tentang Status, Nilai dan Peringkat Akreditasi Prodi Diploma III Keperawatan dengan status TERAKREDITASI A, Nilai 363 ( Tiga Ratus Enam Puluh Tiga ) dengan peringkat SANGAT BAIK.

Akreditasi ini berlaku selama 5 Tahun.

Download SK Akreditasi D-III Keperawatan

Tuntutan pelayanan secara langsung kepada masyarakat yang optimal diperlukan jalur pendidikan yang sesuai melalui jalur pendidikan vokasional. Model pendidikan vokasional merupakan penggabungan antara teori dan praktik secara seimbang dengan orientasi pada sistem pembelajaran keahlian pada kejuruan-kejuruan khusus.

Perkembangan dunia pendidikan harus sejalan dengan Undang-undang Pendidikan Tinggi nomor 12 tahun 2012 dan Peraturan Presiden nomor 8 tahun 2012. Salah satu upaya yang dilakukan untuk menjawab tantangan tersebut adalah dengan merubah dan memperbaiki sistem pendidikan keperawatan. Dimulai dengan perubahan orientasi kurikulum berbasis pada kompetensi, memperbaiki metode pembelajaran yang menekankan pada kemampuan kemahiran kliinik dan pembelajaran lebih banyak dilakukan di klinik/rumah sakit, serta mengacu pada kebutuhan pengguna layanan keperawatan serta berwawsan luas yang dapat bersaing dan menembus pasar kerja global.

Program studi Diploma III Keperawatan secara umum merupakan pola sistem pendidikan nasional yang terencana, berkelanjutan, dan memenuhi kebutuhan pasaran dunia kerja dengan didasari beberapa alasan antara lain : perkembangan masalah kesehatan, strategi pembangunan kesehatan, issue global, permasalahan gerak dan fungsi serta kemampuan tenaga keperawatan yang ada.  Awal penyelenggaraan hanya menerima mahasiswa program reguler dari lulusan Sekolah Menengah Atas Jurusan IPA dan IPS.  Lulusan Jurusan Keperawatan akan mendapatkan gelar  Ahli Madya Keperawatan (Amd, Kep) yang didapatkan setelah melalui tahap praktek klinik dengan masa pendidikan 6 semester hingga 8 semester. Lahan kerja lulusan Jurusan Keperawatan adalah rumah sakit, institusi pendidikan, lembaga penelitian, dan klinik perusahaan.

Program studi Diploma III memiliki Unit Penjamin Mutu merupakan salah satu dari bagian struktur organisasi yang dipimpin oleh Ketua Program Studi yang berfungsi untuk mengontrol kualitas mutu penyelenggaran pendidikan dengan melakukan pengawasan yang dimulai dari perencanaan, penentuan kebijakan, proses penyelenggaraan dan evaluasi hasil. Tujuan agar Program Studi Diploma III Keperawatan menghasilkan lulusan yang bermutu, bertanggung jawab dan mandiri sesuai dengan kewenangannya. Upaya pengawasan kualitas dengan menggunakan instrumen-instrumen yang ditetapkan Unit Penjamin Mutu Tingkat Direktorat Poltekkes Kemenkes Palangka Raya.

 607 total views,  1 views today