UNIT LABORATORIUM

Institusi pendidikan Vokasi seperti Poltekkes Kemenkes Palangka Raya menekankan kualitas lulusan yang trampil dan siap melaksanakan tugas sesuai profesi masing-masing,sehingga muatan teori sekitar 40 % dan muatan praktek 60 % dari kurikulum yang ada.

Latar belakang berdirinya Laboratorium poltekkes Palangka Raya tidak terlepas dari sejarahnya, dimana sesuai dengan SK Mentri Kesehatan RI Nomor : 1207/MenKes/SK/XI/2001 maka diadakan penggabungan Akedemi Keperawatan dan Akademi Kebidanan Palangka Raya menjadi Politeknik Kesehatan Palangka Raya ( Poltekkes ),kemudian Jurusan Gizi masuk ke lingkungan Poltekkes Kemenkes Palangka Raya . Dengan demikian laboratorium yang ada sekarang berada dalam satu wadah bersama yang dapat melayani tiga jurusan .Sedangkan pada tahun 2014 kemudian laboratorium computer dan laboratorium bahasa bergabung  agar pengelolaan menjadi lebih efisien.

Laboratorium keperawatan

  1. Keperawatan Dasar
  2. Medikal Bedah
  3. Gawat Darurat
  4. Keperawatan Anak
  5. Keperawatan Maternitas
  6. Keperawatan Jiwa
  7. Keperawatan Maternitas
  8. Keperawatan Jiwa
  9. Ruang Anatomi
  10. Ruang Bahan Habis Pakai
  11. Ruang Pengelola

   

             

Laboratorium Kebidanan terdiri dari ruang :

  1. ANC
  2. INC
  3. PNC
  4. Bayi
  5. Kegawat daruratan Maternal Neonatal
  6. Ketrampilan Dasar Kebidanan
  7. Kesehatan Reproduksi Dan KB
  8. Komunitas
  9. Asuhan Kebidanan Neonatus,Bayi, Balita dan anak Pra Sekolah
  10. Ruang Pengelola
  11. Ruang Bahan Habis Pakai
  12. Ruang phanthom

         

Laboratorium Gizi

  1. Laboratorium Kuliner/Diit/MSPM
  2. Laboratorium ITP/IBM
  3. Laboratorium Kimia
  4. Laboratorium Mikrobiologi.

               

VISI

Menjadikan Laboratorium pendidikan kesehatan yang siap menghantar lulusan menjadi Profesional, Kompetitif dan Bermartabat tahun 2019.

MISI

  1. Memanfaatkan Laboratorium secara efektif dan efisien bagi semua kompetensi lulusan
  2. Memfasilitasi mahasiswa dan dosen dalam melaksanakan praktikum
  3. Mengembangkan dan mendayagunakan laboratorium sebagai sarana penelitian dalam ruang   lingkup pencapaian kompetensi
  4. Meningkatkan fasilitas dan alat laboratorium sesuai rasio mahasiswa
  5. Mengembangkan tenaga laboratorium sesuai dengan spesifikasi tenaga laboratorium pendidikan
  6. Mengembangkan laboratorium komputer & laboratorium bahasa.

Unit Laboratorium mempunyai tugas memberikan layanan bahan dan peralatan laboratorium untuk keperluan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat

Unit Laboratorium mempunyai fungsi :

Perencanaan penyediaan, pengelolaan dan pendistribusian bahan laboratorium :

  • Usulan pengadaan alat rutin dilakukan pada bulan Agustus 2014, berdasarkan kekurangan alat setelah dilakukan inventarisasi ulang disesuaikan dengan standar rasio mahasiswa berdasarkan berdasarkan   Standar Laboratorium Pendidikan Tenaga Kesehatan tahun 2010.
  • Pemutihan dilakukan bagi alat-alat yang rusak berat dan tidak bisa dipakai lagi
  • Pengadaan dan pendistribusian bahan habis pakai untuk sementara masih dikelola oleh jurusan masing-masing

Pemberian layanan dan pendayagunaan bahan dan peralatan laboratorium:

  • Pendayagunaan alat dan bahan habis pakai dilaksanakan di laboratorium jurusan
  • Pemeliharaan alat secara rutin oleh laboratorium jurusan

Pelaksanaan tata usaha laboratorium

Penerimaan dan penggunaan alat-dan bahan habis pakai terdokumentasi pada laboratorium jurusan

Tujuan 

Sebagai suatu bagian yang mendukung kegiatan Politeknik Kesehatan Palangka Raya dalam aktualisasi peran Tri Darma Perguruan Tinggi yaitu kegiatan pendidikan,Penelitian, dan pengabdian masyarakat melalui kegiatan di laboratorium sehingga menghasilkan tenaga kesehatan yang profesional,kompetitif dan bermartabat.

Sasaran Mutu :

  1. 80 % ketersediaan Alat kesehatan dan Bahan habis pakai untuk menunjang sarana dan prasarana laboratorium
  2. 50 % kalibrasi alat laboratorium setiap tahun.
  3. 85 % SOP , IK sarana serta prasarana dan manajemen laboratorium
  4. 50 % penggunaan laoratorium sebagai media penunjang pengabdian masyarakat dan penelitian
  5. Kerja sama dengan pihak terkait minimal 1 kali dalam setahun
  6. 80 % pelaksanaan kegiatan praktek laboratorium yang sesuai RPS
  7. 75 % ketersediaan modul praktek laboratorium
  8. Tiap Laboran mengikuti pelatihan minimal 1 kali dalam setahun
  9. Pelaksanaan kegiatan dilaboratorium berjalan sesuai SOP dan IKA minimal 80 %
  10. Ketersediaan tenaga laboran/ PLP yang sesuai dengan jumlah mahasiswa
NO NAMA JABATAN
1 Nusni,S.Kep.,Ns .Ka.Unit Laboratorium
2 Oktavina Batubara,S.kep.,Ns Tenaga Laboran
3 Ns.Gromiko,S.kep Tenaga Laboran
4 dr. Wahyu Widianingsih Tenaga Laboran
5 Meity Kristine Mewo,S.ST Pj.Laboratorium Kebidanan
6 Nur Hilda Okaviani,SKM Tenaga Laboran
7 Dian Dwi Pratiwi,SST Tenaga Laboran
8 Maulina putrid Aqmi,A.Md.A.K Tenaga Laboran
9 Dwira Rahima, S.Gz Tenaga Laboran
10 Rizky Kusuma Wardani,S.Si Pj.laboratorium Gizi

Sesuai dengan tugas dan fungsi laboratorium,maka jenis layanan yang disediakan adalah

  • Layanan peminjaman Alat Praktek
  • Layanan pendampingan praktek mandiri
  • Layanan penggunaan ruang laboratorium untuk penyelenggaraan pratikum sesuai jadwal
  • Memfasilitasi mahasiswa,dosen yang akan melaksanakan kegiatan penelitian
  • Memfasilitasi Mahasiswa,dosen yang akan melakukan kegiatan pengabdian Masyarakat
  • Pelayanan surat bebas
  • Pelayanan penyelenggaraan Ujian Praktek
  • Memfasilitasi pelaksanaan kegiatan Poltekkes sebagai sarana pendukung Tim kesehatan di tiap kegiatan

MONITORING EVALUASI ( dilaksanakan oleh Institusi )

Pengumpulan data dimulai sejak awal bulan Mei 2017. Penyebaran kuesioner dilakukan di Poltekkes Kemenkes Palangka Raya dan di luar lingkup Poltekkes Kemenkes Palangka Raya yaitu unit, sub bagian, jurusan keperawatan, jurusan kebidanan, jurusan gizi, beberapa instansi kesehatan pemerintah dan swasta di kota Palangka Raya. Pelanggan yang dimaksud dalam survey ini adalah mahasiswa, orang tua mahasiswa, pegawai Poltekkes Kemenkes Palangka Raya (tenaga pendidik dan tenaga kependidikan), alumni, dan stakeholder. Dari 530 eksemplar kuesioner yang telah disebarkan, sejumlah kuesioner yang kembali dan telah terisi sebanyak 437 eksemplar. Rincian sebaran responden dapat dilihat pada Tabel 1.

Tabel 1. Sebaran responden berdasarkan kategori

No. Responden Target Terkumpul %
1 Mahasiswa 146 134 91,78%
2 Orang tua 146 130 89,04%
3 Dosen 40 35 87,5%
4 Tenaga Kependidikan 68 44 64,70%
5 Alumni 65 53 81,54%
6 Stakeholder 65 41 63,07%

Kuesioner survey kepuasan pelanggan disebarkan kepada mahasiswa, dosen, tenaga kependidikan, orang tua ,alumni dan stakeholder. Adapan unsur yang dinilai adalah kepuasan mahasiswa terhadap pelayanan di program studi/jurusan, ADAK, laboratorium dan perpustakaan. Selain itu dinilai juga kepuasan orang tua, dosen, tenaga kependidikan, alumni dan stakeholder terhadap institusi pendidikan tinggi Poltekkes Kemenkes Palangka Raya. Kategori penilaian menggunakan standar yang telah ada dalam Kepmenpan Nomor. Kep/25/M.PAN/2/2004, Rangkuman hasil survey kepuasan pelanggan dapat dilihat pada Tabel 2.

Tabel 2. Rangkuman hasil survey Kepuasan Pelanggan

No Responden Unsur Penilaian Hasil
1 Mahasiswa Kepuasan mahasiswa terhadap pelayanan di Prodi/Jurusan, ADAK, Lab & Perpustakaan Baik
2 Orang tua Kepuasan terhadap Poltekkes Kemenkes Palangka Raya Baik
3 Dosen Kepuasan terhadap Poltekkes Kemenkes Palangka Raya Baik
4 Tenaga Kependidikan Kepuasan terhadap Poltekkes Kemenkes Palangka Raya Sangat baik
5 Alumni Kepuasan terhadap Poltekkes Kemenkes Palangka Raya Sangat baik
6 Stake-holder Kepuasan terhadap Poltekkes Kemenkes Palangka Raya Sangat baik

 

Indeks Kepuasan Mahasiswa

Untuk menghitung nilai indeks kepuasan mahasiswa, dibutuhkan nilai persepsi kepuasan per unsur layanan pendidikan. Terdapat 14 unsur layanan pendidikan yang ada dalam pedoman dan telah dimodifikasi sehingga berkaitan langsung dengan layanan pendidikan yang telah dilaksanakan oleh Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Palangka Raya. Nilai kepuasan mahasiswa dapat dilihat pada Tabel 3.

Tabel 3. Hasil Survey Kepuasan Mahasiswa

No Lokasi Nilai Indeks Kepuasan Nilai Konversi Mutu Pelayanan
1 Prodi/ Jurusan 3,12 78,23 B
2 ADAK 3,00 75,81 B
3 Perpustakaan 3,11 77,82 B
4 Laboratorium 3,09 77,33 B